Berawal dari kegagalan custom motor scorpio saya tahun 2016 yang lalu (akan saya buat postingan terpisah), Saya mulai sedikit pesimis untuk memodifikasi ulang motor tersebut. Terlebih lagi saya merasa motor custom saya kurang fleksibel untuk digunakan sehari-hari dan untuk mobilitas pekerjaan saya (ya namanya juga motor custom, memang salah saya juga sih). Maka pada oktober 2017, saya memutuskan untuk membeli motor baru (lagi).
Kala itu saya tertarik dengan Vespa Primavera atau GTS, tapi harganya ya lumayan juga, dan pastinya sparepart, custom part dan aksesoris juga saya asumsikan pasti akan sama mahalnya. Budget sih ada, cuma sayang juga karena saya sudah lumayan keluar banyak untuk project custom scorpio sebelumnya. Singkat cerita akhirnya saya pilih Honda All New Scoopy 2017 karena bentukan body dan disainnya yang saya suka, sedikit mirip Vespa. Serta tampilan lampu LED depan dan ukuran Ban yang besar. Cocok.
Vespa Primvera & Vespa GTS
Ketika pemakaian di awal-awal, sebenarnya saya sudah merasa cukup puas dengan motor ini. Belum banyak yang pakai dan masih jarang ada dijalanan. Terasa spesial. Lama kelamaan yah tahu sendiri lah, namanya motor baru, langsung booming dan banyak yang memakai. Terlebih ketika Honda mengeluarkan seri warna baru dan diantaranya ada warna yang bisa dijadikan All Black kalau striping nya dilepas. Yah lumayan gerah juga melihatnya mengingat itu warna yang saya inginkan dulu.
MEMULAI MODIFIKASI
Setiap orang pasti ingin tampil beda. Alasan saya dulu membeli Motor Yamaha Scorpio dan memodifikasinya adalah karena kejenuhan saya akan motor-motor pabrikan. Saya merasa motor pabrikan tidak ada yang sesuai dengan selera saya. Terlalu monotonous dan tidak spesial. Giliran ada yang sesuai selera, ya harganya semobil. Jujur saya suka produk Triumph terlebih tipe bonneville. Itu juga yang menjadi inspirasi saya dalam memodifikasi Scorpio tersebut dulu.
Sekarang untuk kasus Honda Scoopy, alasan saya memulai memodifikasinya adalah karena motor ini mulai terlalu banyak muncul dijalanan. Seperti kehilangan keistimewaan. Yah mau dikata apa, namanya motor pabrikan, pasti suatu saat akan mainstream juga. Maka saya memutuskan untuk memulai mencari inspirasi modifikasi lalu mencari dan membeli custom partnya.
INSPIRASI
Awalnya saya melihat sebuah video pameran motor tahun 2016 di Thailand. Disana tipe ini dinamakan "Scoopy i". Tidak beda jauh memang, hanya berbeda stripping saja. Tapi disana yang menjadi perbedaan adalah ketersediaan produk produk Custom part yang lebih kaya. Ketika saya cek bagian part tertentu dan saya cari di toko toko lokal online maupun offline, saya kesulitan mencarinya. Maka saya asumsikan mungkin itu hanya tersedia di Thailand atau mungkin itu benar benar Custom part buatan bengkel tertentu yang tidak dijual secara umum.
Saya pun memutar otak dan mencari alternatif lain. Dan ketika searching inspirasi juga, saya sempat melihat beberapa model modifikasi scoopy yang saya rasa sesuai dan memungkinkan untuk saya copy.
TEMA
Saya menamakannya "Psycoo", nama sederhana dari anagram Scoopy itu sendiri. Saya ingin menggunakan tema yang Stylish dan Classy. Tidak berwarna warni dengan ban cacing jari-jari seperti kebanyakan konsep modifikasi thai look. Maka saya pun menentukan warna Hitam doff dengan aksen silver/chrome sebagai temannya.
Hal yang pertama sekali saya lakukan adalah merubah warna, yang tadinya mate brown kombinasi black glossy, saya ingin rubah menjadi all black mate. Saya tutupi semua body dengan skotlet hitam doff. Tidak lupa stripping original saya lepas dulu. Selanjutnya adalah mengganti Velg dengan jenis monoblok dengan ukuran yang sama. Saya tidak mengganti ban. Masih menggunakan yang original.
Kaki depan saya ganti tabung shocknya dengan merek Trusty. Dan untuk kaki belakang Saya menggunakan shock merek Cen/Gen (Century and Harpu) tabung bawah, mengingat kalau menggunakan tipe tabung atas akan beresiko merusak spakbor belakang bagian atas.
Lalu saya merubah semua part yang bisa diganti dengan produk produk aftermarket variasi. Semua saya ganti dengan warna silver atau chrome.
BUYING LIST
Hampir semua produk aksesori yang saya pakai saya beli secara online di bukalapak.com. Ya, bahkan sampai Velg yang besar tersebut saya order secara online juga. Mungkin hanya 2 atau tiga barang yang saya beli di toko offline. Kenapa? Karna saya sudah buktikan sendiri, toko toko offline tidak selalu menjual aksesori untuk scoopy. Mereka paling banyak menjual aksesori untuk motor Yamaha Nmax. Dimanapun itu, sudah saya cek semua. Tidak pernah Komplit, kadang ada 1 atau 2 tapi warnanya juga tidak lengkap.
Sebenarnya saya sudah niatkan dari awal bahwa akan membeli semua part secara online karena saya sudah mencari cari sebelumnya dan sudah sama simpan dalam buying list, tapi karena ada seorang teman yang membujuk dan mengajak untuk berkeliling kota sambil mencari, maka saya sempatkan. Dan seperti dugaan, saya pulang hanya dengan 2 barang saja.
Lalu kenapa saya memilih bukalapak.com? Well, kalau yang sudah berlangganan dan sering belanja online pasti mengerti kalau bukalapak adalah pioneer tempat berkumpulnya para penjual online generasi awal. Hampir semua penjual awalnya dagang di bukalapak dulu, baru di situs lain. Terlebih untuk bagian penjualan spare part motor. Bukalapak lah yang paling kaya produk dan penjual asli, bukan reseller, sehingga harga lebih bersaing. Silahkan buktikan sendiri.
Berikut adalah daftar belanjaan saya:
- Skotlet hitam doff dan carbon
- Velg Monoblok "Racing"
- Tabung Shock Depan "Trusty"
- Shock belakang "Cen/Gen" Titanium tabung bawah
- Peninggi shock atas belakang cnc
- Disc Brake "KTC"
- Cover Kaliper CNC "Bad"
- Jalu As roda depan CNC
- Hand Grip "Rizoma" replica
- Handle Brake CNC
- Spion Jalu Oval "AMV"
- Wind Shield "TGP"
- Gantungan barang CNC
- Step kaki depan custom + step Per "Bongbon"
- Step kaki belakang Per "Bongbon"
- Jalu knalpot model Per
- Tutup Oli CNC
- Cover CVT CNC model kipas
- Paha Rem belakang CNC
- Kick Starter CNC
- Baut Filter Monel Stainless
- Tutup-tutup Baut Monel Stainless 8, 10, 12, 14
- Tutup Pentil ban Monel stainless
Untuk masing-masing harga memang bervariasi, saya tidak akan tampilkan link masing - masing produk karena ini bukan artikel promosi. Bisa di cek saja nama barang diatas di sistem pencarian bukalapak dan urutkan dari yang paling murah.
Memang kadang tidak selalu manis. Ketemu yang paling murah pun, kadang stoknya tidak selalu ada dan terpaksa memilih yang sedikit lebih mahal. Tergantung pintar - pintar kita belanja saja.
Total belanja saya lebih kurang sekitar 3 juta. Sudah termasuk ongkir yang sebagian barang bisa mencapai seratusan ribu. Tapi belum termasuk biaya menutupi dengan skotlet.
KELEBIHAN & KEKURANGAN
Ada sedikit catatan kelebihan dan kekurangan dari barang-barang yang saya pakai.
Velg monoblok tidak seperti yg dibilang beberapa orang bahwa akan membuat tarikan lebih berat dan tidak stabil karena mudah tertiup angin, tidak ada lubangnya. Sejauh yang saya coba, dijalanan sama saja. Stabil dan tidak menahan tarikan. Faktanya malah, bobot asli Velg original lebih berat daripada Velg monoblok ini. Yang paling enak dari Velg ini adalah membersihkannya. Seperti mencuci piring.
Ketika mengganti Shock tabung depan usahakan dipasang oleh profesional dan dengan oli asli dan takaran yang pas.
Shock tabung belakang yang saya pilih tingginya 300 lebih pendek dari yang original 310, sehingga saya perlu menambah peninggi. Saya kurang suka jika motor menjadi ceper. Saya juga tidak suka peninggi bawah karena menghilangkan estetika tabung shock. Maka terpaksa saya menambahkan peninggi di bagian atas. Mungkin bisa jadi pelajaran untuk yang ingin mengganti Shock belakang agar selalu memperhatikan ukuran ketinggian Shock (akan saya review shock Cen ini dalam postingan terpisah).
Hand Grip yang saya pakai agak unik karena separuh karet separuh cnc. Kekurangan adalah bagian cncnya licin ketika menggunakan sarung tangan kecuali sarung tangan kulit. Tapi tidak masalah jika tangan telanjang.
Handle Rem yang saya pakai juga sedikit bermasalah karena bagian kiri tidak begitu pas, mesti sedikit di gerinda. Padahal saya sudah meminta secara spesifik kepada penjual saat itu untuk tipe motor scoopy esp. Juga handle ini membuat sistem kunci rem belakang menjadi tidak berfungsi karena tidak ada penyangkutnya. Memang saya akui agak susah untuk mencari handle ini karena belum banyak tersedia untuk tipe ini.
Lalu bagian bagian kecil seperti tutup baut monel agar selalu diperhatikan. Kunci yang kencang agar tidak mudah lepas dijalan. Part cnc lain yang menggunakan baut baut juga jangan lupa dikencangkan. Karena dari pengalaman, saya beberapa kali kehilangan part kecil tersebut dijalan dan terpaksa harus beli lagi. Bagian kecil yang murah usahakan beli lebih saja untuk cadangan.
Sekian review ini. Jangan lupa cek videonya diatas. Saya berencana untuk meriview part-part tertentu secara terpisah untuk postingan selanjutnya.
Jika anda tertarik memodifikasi motor, saya ingatkan untuk berhati-hati, karena racun modifikasi itu sangat kuat. Anda tidak tahu kapan harus berhenti. Selalu merasa kurang. Selalu ingin menambah lagi, selalu ingin mengganti ini dan itu lagi.
Jika anda tertarik memodifikasi motor, saya ingatkan untuk berhati-hati, karena racun modifikasi itu sangat kuat. Anda tidak tahu kapan harus berhenti. Selalu merasa kurang. Selalu ingin menambah lagi, selalu ingin mengganti ini dan itu lagi.
Jadi.. berhati-hatilah!